Cara Mengajar Anak Agar Bisa Cepat Membaca

Posted by Ruslani on January 2, 2013  

Melalui cara yang sederhana kita bisa mengajar anak membaca dengan cara cepat membaca. Sebagai seorang ayah atau ibu, anda harus memahami terlebih dahulu tentang karakter anak anda apakah dia mempunyai kemampuan menghafal yang baik atau tidak, agar bisa menjadi cepat sebaiknya anda melakukan rangsangan terlebih dahulu untuk menumbuhkan minat membaca pada anak.


cara cepat membaca

Anak-anak terutama balita memiliki kemampuan menghafal yang sangat cepat. Contohnya adalah ketika menonton televisi, mereka dengan cepat mengetahui iklan apa yang sedang ditampilkan. Anak-anak bisa cepat menyerap kata-kata yang diucapkan oleh orang lain.




Berikut ini adalah tips tentang metode atau cara mengajar anak agar bisa cepat membaca.

Pada dasarnya mengajar membaca pada anak balita itu mudah dan sangat sederhana. Namun, karena mudah dan sederhananya itulah kita kerapkali mengabaikan kemudahannya, menunda-nunda serta menganggap remeh. Sehingga banyak waktu yang terlewatkan dan sampai akhirnya terasa kurang efektif dalam mengajar anak membaca, yang semestinya bisa dikerjakan dengan lebih cepat.


Bagaimana cara mengajar anak agar bisa cepat membaca ?


Ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan supaya tujuan mengajari anak membaca bisa dilakukan dengan cepat serta dengan hasil yang maksimal.

Diantara cara mengajar anak agar bisa cepat membaca, adalah :
  • Selalu ciptakan suasana gembira bersama anak anda. Ciptakan suasana hati anak agar senang dan merasa nyaman menerima pelajaran membaca dari Anda. Metode ini adalah cara konstruktif dan tidak membuat anak anda merasa bosan untuk belajar.
  • Ciptakan pendekatan dengan cara yang menyenangkan sebelum ajari anak membaca. Cara ini adalah yang utama agar anak anda bisa cepat membaca.
  • Dalam kondisi apapun, Jangan memaksa anak anda. Berikan stimulus atau rangsangan agar anak mau cepat bisa membaca.
  • Ajari anak anda kata-kata terlebih dahulu sebelum mengajarkan alfabet karena kata-kata lebih cepat diserap oleh mereka.
  • Ketika sedang mengajar anak membaca, Hindari suasana tegang.
  • Lakukanlah tes secara berkala, namun jangan terlalu sering.
  • Jika anda mendapati bahwa metode mengajar membaca yang anda lakukan terasa tidak efektif, ciptakan cara baru mengajar membaca yang lebih ampuh.


Jika di ajari dengan semestinya, anak akan merasa senang untuk belajar. Ini adalah metode utama dari cara cepat membaca bagi anak. Selalu sempatkan waktu untuk ajari anak membaca, daripada tidak sama sekali.

Karena unsur utama dari sebuah bahasa adalah kata, dan bukan huruf. Anda sebaiknya ajari anak anda kata-kata terlebih dahulu, lalu ajari mereka huruf.

Bentuk dari huruf adalah abstrak, sedangkan bentuk kata itu adalah nyata. Cara mengajar anak akan terasa lebih mudah pada hal-hal yang nyata (konkrit). Mengajar hal-hal yang sifatnya abstrak akan membuat anak berpikir terlalu dalam, terhadap setiap hal apapun yang Anda ajarkan.

Cara mudah dan sederhana ajari anak agar bisa cepat membaca adalah melalui pengenalan kata. Metode belajar ini seperti permainan, karena usia kanak-kanak memang suka bermain.

Yang perlu anda lakukan adalah membuat potongan kertas seperti kartu yang terbuat dari karton. 1 kartu adalah untuk 1 kata yang akan dijadikan bahan pelajaran membaca. Buatlah kartu sebanyak kata yang akan dijadikan materi pelajaran membaca anak anda.


Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk cara cepat membaca
Langkah I

  • kumpulkan 5 kartu untuk kategori 1 : anggota keluarga (ayah, ibu, bibi, kakek, nenek)
  • kumpulkan 5 kartu untuk kategori 2 : nama hewan (komodo, ayam, kuda, gajah, ikan)
  • kumpulkan 5 kartu untuk kategori 3 : nama buah (jambu, jeruk, apel, melon, pepaya)
  • Susunlah kategori 3 pada posisi paling bawah, kategori 2 pada posisi tengah dan kategori 1 pada posisi paling atas.

cara ajari anak cepat membaca



Langkah II
  • Ambil satu kartu yang paling atas dari tumpukan karton pertama di kategori 1, bacakan dan ajak anak menirukannya. pada tahap ini tak perlu menjelaskan artinya dari kata yang dibaca oleh anak anda.
  • Secepat mungkin setelah itu, Ambil kartu yang paling bawah dari kategori 3, Lakukan seperti yang pertama.
  • Perhatikan wajah anak ketika menyebutkan kata, Amati kata yang disukainya dan yang tidak disukai. Pilihlah dan ajari kata-kata yang disukai anak terlebih dahulu, kemudian kata-kata yang lainnya.
  • Jangan minta anak mengulang kata-kata yang telah kita bacakan tadi.
  • Setelah membaca 5 kata, stop dulu pelajaran ini. Puji anak Anda dengan menunjukkan bahwa Anda bangga atas apa yang dilakukannya hari ini.
Catatan
  • Hari pertama pelajaran, lakukan untuk kategori 1 sebanyak 3x.
  • Hari ke-2 lakukan kategori 1 = 3x, kategori 2 = 3x
  • Hari ke-3 kategori 1 = 3x, kategori 2 = 3x, dan kategori 3 = 3x
  • Hari ke-4 sampai dengan ke-6 sama seperti hari ke-3

Setiap kata dibaca maksimal 25 kali. Setelah sebanyak itu, kata harus diganti. Caranya, setelah hari ke-6 ambil 1 kata dari setiap kategori dan gantilah dengan sebuah kata yang baru.

Setiap 1 kategori yang Anda bacakan selesai, segeralah disusun acak. Hal ini agar anak tidak bisa menebak urutan kata.

Jangan mengulang-ulang kata yang sudah Anda bacakan, sehingga anda tidak salah menandai (dengan pensil) tiap kata yang sudah Anda bacakan. Tanda ini juga bisa dijadikan patokan untuk mengetahui sudah berapa kali kata ini anda bacakan.

Related posts Cara belajar paling efektif   Cara belajar cepat

Demikian pengetahuan Cara Mengajar Anak Agar Bisa Cepat Membaca , Semoga bisa bermanfaat.




Tagged as :
cara cepat membaca
cara mengajar anak agar bisa cepat membaca
cara ibu mengajar anak membaca
cara ajari anak membaca
 
kembali ke atas