Memanfaatkan Dan Menerapkan Ilmu Pengetahuan

Posted by Ruslani on October 3, 2014  

Ilmu adalah pemahaman tentang sesuatu. Ilmu pengetahuan adalah pemahaman tentang sesuatu yang sudah ada. Seseorang boleh disebut memiliki ilmu jika dia telah memahami atau menguasai suatu bidang ilmu itu.

Cara sederhana untuk mengetahui bahwa seseorang itu berilmu, misalkan saja: ilmu memasak air. Seorang yang telah memiliki ilmu tentang memasak air, dia tentunya mengetahui tahapan, alat-alat dan cara-cara memasak air serta tujuan mengapa dia harus memasak air hingga mendidih.

Contoh diatas menunjukan kepada kita bahwa setiap orang bisa memiliki ilmu pengetahuan. Setiap dari kita bisa menguasai suatu ilmu pengetahuan asalkan kita mempunyai keinginan yang kuat dan serius untuk memahaminya.

Mengapa demikian?!
Dengan keinginan yang kuat, pemikiran kita akan terangsang untuk menemukan hal-hal yang mendukung dan cara-cara yang mengarah kepada pencapaian.

Menerapkan Ilmu Pengetahuan

Sejak kecil, manusia pada umumnya mendapat bermacam pengetahuan. Anak-anak menerima pelajaran tentang menghitung (matematika dasar), pelajaran membaca, pelajaran tentang berdo'a, tata cara bernyanyi dan lain-lain. Mereka diajari dirumah, di sekolah TK, SD, SMP dan seterusnya.

Pembelajaran yang serius yang dilakukan di rumah dan sekolah itu bisa menghasilkan anak-anak yang cerdas, pandai membaca, berhitung dan lain-lain. Ini adalah satu contoh tentang menerapkan ilmu pengetahuan. Belajar matematika akan bermanfaat, adalah bisa diterapkan ketika menghitung.



Dimanakah Tempat Untuk Mendapatkan Ilmu Pengetahuan Dan Kapan Waktunya ?

Tempat-tempat dan sarana untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, diantaranya adalah di sekolah, lembaga kursus, Media elektronika (televisi, radio, internet), media cetak (koran, majalah, buku-buku ilmiah dan lain-lain).

Selain yang disebutkan diatas, kita juga bisa mendapatkan pengetahuan melalui meditasi. Meditasi adalah cara mengembangkan pemikiran dari dalam diri, dan tujuan meditasi adalah agar bisa memegang kendali atas diri sendiri.

Meditasi bisa dilakukan didalam kamar tidur dengan suasana yang hening dan nyaman. Cara meditasi dilakukan dengan memejamkan mata sambil berimajinasi melihat satu hal yang masih membingungkan kita. Meditasi ini dilakukan dengan konsentrasi, yaitu fokus kepada satu hal.

Bagaimana Memanfaatkan Dan Menerapkan Ilmu Pengetahuan

Situasi dan kondisi mempengaruhi perasaan hati dan pemikiran seseorang. Kita bisa memanfaatkan semua ilmu pengetahuan yang kita miliki sesuai dengan kondisi dan situasi yang sedang terjadi.

Dalam hidup ada banyak permasalahan yang selalu harus kita sikapi dengan bijaksana. Seiring bertambahnya usia, pengalaman hidup mengajarkan kita banyak hal, ada pepatah menyebutkan bahwa "Pengalaman Adalah Guru Yang Baik". Kita tentunya tahu hal-hal apa saja yang konstruktif dan destruktif, menurut pengalaman dari diri kita sendiri.

Kembali kepada pembahasan tentang bagaimana memanfaatkan dan menerapkan ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan biasanya dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan yang diakibatkan oleh situasi dan kondisi yang ada. Selain sebab kebutuhan, ilmu pengetahuan juga sangat bermanfaat jika diterapkan untuk mencapai keinginan.

Menerapkan Ilmu Pengetahuan Untuk Keperluan Mendapatkan Pekerjaan

Setelah lulus sekolah, seseorang berusaha untuk mendapatkan uang dengan mencari pekerjaan. Situasi seperti ini memerlukan pengetahuan tentang bagaimana cara-cara yang paling efektif untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Ilmu yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik adalah :
  • Ilmu tentang semangat (spiritual), adalah tentang bagaimana mengendalikan diri, agar keinginan bisa mendapat hasil, sesuai dengan sasaran.
  • Cara-cara paling efektif untuk mendapatkan pekerjaan, dari tahap membuat surat lamaran kerja hingga sikap ketika menghadapi tes wawancara.
Dalam hal mendapatkan pekerjaan, ada banyak orang yang pada akhirnya merasa tidak nyaman setelah sekian lama bekerja. Mengapa demikian?

Selain faktor hubungan antar pekerja yang kurang harmonis, penyebab ketidaknyamanan dalam bekerja kesalahan ketika memilih jenis pekerjaan itu. Anda sebaiknya memilih jenis pekerjaan yang bisa membuat anda bergairah dalam kerja sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan anda.

Kasus-kasus ketidaknyamanan dalam bekerja telah mengajarkan kepada kita tentang bagaimana memilih ilmu pengetahuan yang anda perlukan.

Bagaimana Memilih Ilmu Pengetahuan ?

Ilmu yang bermakna adalah ilmu yang bermanfaat ketika sedang dibutuhkan, dan ilmu yang paling diperlukan dalam menjalani hidup adalah ilmu pengetahuan yang mampu meningkatkan semangat dan gairah hidup.
Lantas, apa saja yang mampu meningkatkan gairah hidup anda ?

Tidak semua orang memiliki gairah hidup dan hobbi yang sama dengan orang lain, sebab karakter setiap manusia itu berbeda-beda.
Untuk mengetahui ilmu pengetahuan apa saja yang mampu mendongkrak gairah hidup anda, sebelumnya anda harus tahu tentang siapa diri anda sebenarnya, bagaimana karakter anda, apa saja keinginan anda, apa saja bakat anda dan di sektor apa saja anda bisa memiliki keunggulan.

Setelah anda mengetahui hal-hal yang disebutkan diatas, maka anda harus menentukan dan memilih jenis ilmu pengetahuan khusus yang menjadi prioritas dalam hidup anda. Setelah menguasai ilmu pengetahuan yang menjadi prioritas anda itu, sebaiknya anda juga mendapatkan pengetahuan-pengetahuan lain yang masih berhubungan, sebagai pengetahuan pendukung yang bisa menjembatani usaha anda nanti, kalau terjadi masalah.

Sekedar tambahan, ilmu pengetahuan yang luas membantu anda dalam menyikapi hidup agar bisa selalu tersenyum.

Dengan ilmu yang luas itu, anda mungkin tidak hanya ingin menjadi pekerja saja. Pengetahuan yang luas bisa juga menjadikan anda sebagai seorang pengusaha yang mampu mempekerjakan banyak orang, amiin.




Tagged as :
cara memanfaatkan ilmu
memilih jenis ilmu
menerapkan ilmu pengetahuan
bagaimana memanfaatkan ilmu pengetahuan
meningkatkan semangat dan gairah hidup dengan ilmu pengetahuan
 
kembali ke atas