Pengertian Prestasi

Posted by Ruslani on July 12, 2012   Updated on

Pengertian prestasi adalah tentang sesuatu atau banyak hal yang telah diraih. Dan prestasi ini biasanya telah melewati banyak proses dan tindakan. Untuk meraih prestasi ada banyak tantangan yang harus dihadapi dan dikerjakan.

Tantangan untuk meraih prestasi terdiri dari 2 faktor yaitu faktor dari dalam diri sendiri (faktor internal) dan faktor dari luar (faktor eksternal). kedua faktor tantangan bisa di sikapi dengan memiliki motivasi yang kuat untuk meraih prestasi yang diinginkan.

gambar pengertian prestasi

Pengertian prestasi bisa saja berbeda bagi tiap orang, tetapi prestasi setiap orang biasanya berawal karena memiliki motivasi keinginan dan kebutuhan. Keinginan itu disebabkan karena satu kondisi pemikiran yang emosional.

Setiap orang yang termotivasi untuk meraih prestasi akan mencari tahu terlebih dahulu proses-proses dan cara yang efektif dan efisien agar mudah meraih prestasi dengan cepat.

Ketika seseorang bersedia mengerjakan setiap proses yang mengarah ke pencapaian prestasi dengan benar dan fokus, maka satu langkah untuk meraih prestasi telah dikerjakan. Langkah berikutnya adalah berdo'a.

Melalui do'a setiap hari untuk sesuatu yang diinginkan, pemikiran kita akan diarahkan untuk menemukan cara-cara yang lebih efektif dan efisien menuju prestasi yang ditargetkan. Karena mengetahui cara-cara yang efektif, tentunya kita akan mengetahui pula cara-cara yang tidak efektif yang seharusnya tidak digunakan lagi.


Proses-proses pencapaian prestasi

Apa itu proses-proses pencapaian prestasi ?
Proses-proses pencapaian prestasi diantaranya adalah meliputi :

Prestasi Memerlukan Motivasi Keinginan Yang Kuat
Motivasi keinginan merupakan titik awal dari prestasi, tanpa keinginan kita akan bermalas-malasan saja. Silahkan baca artikel tentang pengertian motivasi.

Mengetahui Dan Melewati Setiap Tantangan Dalam Meraih Prestasi
Setiap kali membuat program, kita harus memiliki visi atau pandangan ke depan. Diantaranya adalah tentang bagaimana menyikapi setiap tantangan dan hambatan yang ada. Melalui visi, akan diberitahu setiap tantangan dan kendala yang akan menghalangi nantinya, dan diarahkan untuk tidak melakukan kesalahan. Metode ini harus diketahui dalam hal pencapaian prestasi.

Prestasi bisa terhambat oleh hal-hal berikut :
  • Tidak Fokus, tidak konsisten dengan tujuan awal karena memiliki keinginan yang lain.
  • Tidak percaya terhadap kemampuan diri sendiri
  • kecerobohan atau tidak hati-hati.
  • Ketidaksabaran.
  • Rasa Malas.

Fokus Kepada Tujuan Awal
Ketika anda sangat fokus pada satu prestasi, Pada awalnya anda akan mengetahui kekurangan-kekurangan dalam diri anda sendiri. Dan orang yang memiliki keinginan yang kuat akan membuang jauh cara-cara yang tidak efektif dan hanya akan menggunakan cara yang efektif. Istilah ini bisa diartikan dengan "Orang yang telah mengetahui cara", atau orang yang telah ahli di bidangnya.

Kerja Keras
Semua prestasi membutuhkan kerja keras dan tidak ada prestasi yang gratis. Seseorang bersedia melakukan kerja keras jika memiliki keinginan yang kuat dan motivasi. Orang mau bekerja dengan sangat keras jika memiliki semangat untuk sesuatu yang sangat ia inginkan. Semangat ini akan ada ketika orang tersebut telah memiliki pandangan atau visi bahwa ia memang bisa mengerjakannya dan bisa melewati setiap tantangannya untuk mencapai keinginannya itu.

Berdo'a Setiap Hari
Berdo'a bisa membantu pikiran kita untuk selalu mengendalikan diri supaya selalu melakukan sesuatu yang benar dan menghindari setiap kesalahan. Dan berdo’a bisa menjadi efektif jika dilakukan setiap hari.

Jika dilakukan setiap hari dan secara semestinya, Berdo’a ini jelas membantu kita untuk selalu melakukan sesuatu dengan dengan benar. Secara sadar atau tidak sadar, berdo'a dapat membantu mengingatkan diri tentang tujuan awal.

Prestasi Membutuhkan Kata-kata Semangat
Untuk bisa meraih prestasi yang maksimal, kita seharusnya memiliki kata-kata semangat yang diucapkan setiap hari ketika hendak melakukan kegiatan atau pekerjaan. Kata-kata semangat ini akan menjadi sangat efektif jika diucapkan setiap hendak tidur dan setelah bangun dari tidur.

Pengertian Prestasi Belajar

Pengertian prestasi belajar di sekolah adalah jika seorang pelajar atau mahasiswa telah mendapatkan nilai secara tertulis, apakah dengan nilai baik atau kurang baik. Namun Prestasi belajar yang sesungguhnya adalah ketika seorang siswa telah belajar dan mau berubah dengan cara cepat kearah yang lebih baik karena pelajaran yang dipahaminya. Akan lebih baik jika anda membuat artikel tentang prestasi yang sudah anda raih, bacalah catatan prestasi anda lalu perbaikilah.


Kesimpulan Tentang Pengertian prestasi

Jika anda anda telah mengetahui cara-cara yang efektif untuk memiliki sesuatu, atau prestasi, lalu anda bersedia mengerjakan semua prosesnya, melewati semua hambatannya, ditambah do'a dan kata-kata semangat yang setiap hari anda lakukan atau ucapkan, Insha Allah anda akan mendapatkan sesuatu yang anda inginkan dengan cara anda sendiri, dan itu adalah prestasi.

Jadi, setiap prestasi bisa diraih dengan do'a dan kerja keras yang terus menerus hingga berhasil. Anda akan memahami pengertian prestasi jika anda telah melakukan setiap proses untuk mendapatkannya. Pengertian prestasi yang istimewa adalah prestasi yang prosesnya dari awal hingga berhasil anda lakukan menurut cara anda sendiri, bukan mencontoh dari orang lain.

Related posts :   Pengertian Percaya Diri, Pengertian K3LH dan Pengertian Internet.

Demikian pengertian prestasi ini, semoga bisa bermanfaat.



Tags :
pengertian prestasi, pengertian prestasi belajar, bagaimana mengetahui dan melewati setiap tantangan dalam meraih prestasi, kesimpulan tentang pengertian prestasi, motivasi untuk meraih prestasi, motivasi tentang prestasi belajar

 
kembali ke atas