Sejarah Internet

Oleh Ruslani pada 18 Mei 2012   dari berbagai sumber

Sejarah Perkembangan Internet Dan Manfaatnya. Sejarah internet dunia tidak bisa dipisahkan dari penemuan telegraf dan mesin teleks yang memiliki Konsep komunikasi transmisi data antara dua tempat yang berbeda dan terhubung melalui beberapa jenis media elektromagnetik, seperti radio atau kabel listrik. Dua sistem komunikasi ini mengilhami para ilmuan untuk menciptakan internet.

Sejarah Internet

Sejarah awal internet
Sejarah internet di dunia dimulai sejak pengembangan pembuatan komputer pada tahun 1950-an. Sejarah awal internet ini dimulai dari hubungan antara komputer mainframe dan terminal-terminal komputer, kemudian diperluas dan mengarah kepada koneksi antar komputer dan kemudian penelitian awal pada packet-switched. Jaringan-jaringan dalam packet-switched seperti ARPANET (Advance Research Project Agency Network) yang mencoba menghidupkan paket jaringan skala besar yang pertama, Mark I, Telenet, Tymnet, Merit Network, dan CYCLADES.

Jaringan-jaringan ini pertamanya berkembang pada akhir tahun 1960 dan awal 1970-an menggunakan berbagai macam protokol. ARPANET secara khusus mengarah pada pengembangan protokol untuk antar jaringan, dimana jaringan yang terpisah dapat bergabung bersama-sama kedalam sebuah jaringan dari banyak jaringan.

Tujuan awal dibentuknya jaringan komputer adalah agar setiap komputer bisa menjadi sumber lokal yang ada, supaya setiap komputer di internet secara sedemikian rupa bisa memanfaatkan setiap program yang tersedia agar dapat digunakan dari jarak jauh tanpa hambatan. Dan inilah awal dari sejarah internet.

Seorang pelopor untuk jaringan global, JCR Licklider, menyampaikan ide-ide pada makalahnya Januari 1960, Simbiosis tentang Man-Computer.

"Sebuah jaringan seperti [komputer], terhubung satu sama lain dengan jalur komunikasi wide-band [yang disediakan] fungsi perpustakaan masa kini bersama dengan kemajuan-kemajuan yang diantisipasi dalam penyimpanan informasi dan pengambilan dan simbiosis fungsi [lainnya]."
- J.C.R. Licklider -

Pada bulan Agustus 1962, Licklider dan Welden Clark menerbitkan makalah "On-Line Man Computer Communication", salah satu deskripsi pertama dari masa depan jaringan. Pekerjaan yang dilakukannya adalah membuat 3 terminal jaringan di 3 tempat terpisah di Amerika Serikat, dan 1 terminal untuk komputasi interaksi. Ide ini adalah ARPAnet.

Jaringan-jaringan yang mengarah ke penemuan internet
Diantara jaringan-jaringan yang mengarah terciptanya internet adalah sebagai berikut :
  • ARPANET
  • Mark I
  • Merit Network
  • CYCLADES
  • X.25
  • UUCP and Usenet

Sejarah Bergabungnya Jaringan-jaringan menciptakan Internet
Dengan begitu banyak metode-metode jaringan yang berbeda, sesuatu dibutuhkan untuk menyatukan mereka. Robert E. Kahn dari DARPA (Department of the Army Research and Projects Agency - Amerika Serikat) dan ARPANET merekrut Vinton Cerf dari Stanford University untuk bekerja dengan dia dalam masalah ini. Pada tahun 1973, mereka telah menyusun perumusan ulang secara mendasar dengan mencari tahu perbedaan-perbedaan antara protokol-protokol jaringan dengan menggunakan protokol internetwork umum.

Spesifikasi dari protokol yang dihasilkan, RFC 675 - Spesifikasi dari Program kendali Transmisi Internet oleh Vinton Cerf, Yogen Dalal dan Carl Sunshine Kelompok Kerja Jaringan, Desember 1974, berisi penggunaan yang dibuktikan pertama kali dari istilah internet, sebagai singkatan untuk internetworking.

Dengan peranan jaringan yang dikurangi menjadi minimal, menjadi mungkin untuk bergabung dengan hampir semua jaringan bersama-sama, tidak peduli apa karakteristik mereka, dengan demikian bisa memcahkan masalah. DARPA setuju untuk mendanai pengembangan software prototipe, dan setelah beberapa tahun bekerja, demo pertama sebuah gateway antara jaringan Radio Paket di area teluk San Francisco dan ARPANET diadakan oleh Institut Riset Stanford. Pada tanggal 22 November 1977 sebuah demo tiga jaringan diselenggarakan termasuk diantara mereka adalah : ARPANET, Jaringan Paket Radio dan jaringan paket satelit Atlantik.

TCP / IP Dalam Sejarah Internet
TCP / IP adalah kependekan dari (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Berasal dari spesifikasi TCP pertama tahun 1974, TCP / IP muncul pada pertengahan akhir 1978 dalam bentuk hampir selesai. Pada 1981, standar terkait yang diterbitkan sebagai RFC 791, 792 dan 793 dan diadopsi untuk digunakan. DARPA mensponsori atau mendorong pengembangan implementasi TCP / IP untuk banyak sistem operasi dan kemudian menjadwalkan migrasi dari semua host pada semua jaringan paket nya untuk TCP / IP.

Pada tahun 1982 Internet Protocol Suite (TCP / IP) dijadikan sebagai standard, dan konsep jaringan di seluruh dunia sudah saling berhubungan. Jaringan TCP / IP yang disebut internet mulai diperkenalkan.

Pada tanggal 1 Januari, 1983 dikenal sebagai hari bendera, protokol TCP / IP menjadi satu-satunya protokol yang disetujui ARPANET, menggantikan protokol NCP yang sebelumnya.

Pada 1986, ketika NSFNET (National Science Foundation Network- Amerika Serikat) menyediakan akses untuk SuperComputer yang berlokasi di Amerika Serikat dari organisasi-organisasi riset dan pendidikan. Ada banyak penyedia layanan internet (ISP) komersial mulai muncul pada akhir tahun 1980-an. ARPANET dinonaktifkan pada tahun 1990. Sarana internet telah dikomersialisasikan pada tahun 1995 saat NSFNET telah dinonaktifkan.

Sejarah Internet (1990 hingga sekarang)
Sejak pertengahan 1990-an Internet telah membawa dampak drastis pada budaya dan perdagangan, termasuk bangkitnya komunikasi dekat-instan melalui surat elektronik, pesan instan, Suara pada Internet Protocol (VoIP) "bertelepon", panggilan dengan video interaktif dua arah, dan World Wide Web dengan forum diskusi, blog, jejaring sosial, termasuk juga situs belanja online.

Komunitas riset dan pendidikan terus berkembang dan menggunakan jaringan canggih. Meningkatnya jumlah data yang ditransmisikan. Internet terus berkembang karena digerakan oleh banyaknya informasi dan pengetahuan online, perdagangan, hiburan dan jejaring sosial.

Pada tahun 1993, diperkirakan hanya 1% dari informasi yang mengalir melalui telekomunikasi dua arah dengan internet. Namun pada tahun 2000 angka ini telah mencapai 51%, dan pada tahun 2007 lebih dari 97% dari semua informasi bertelekomunikasi dilakukan dengan Internet.

Sekarang perkembangan internet sudah sangat cepat, setiap waktu selalu ada penemuan baru di internet. Manfaatkanlah internet untuk menambah pengetahuan anda, dan jadikanlah internet sebagai sarana untuk kemajuan anda.

Kesimpulan Tentang Sejarah Internet
sejarah internet dunia berawal dari penemuan telegraf dan mesin teleks, dua sistem komunikasi ini mengilhami para ilmuan untuk menciptakan internet.

Mereka secara terus menerus mengembangkan teknologi internet hingga sekarang. Kemajuannya adalah banyak sekali fitur baru yang bisa digunakan dengan mudah oleh pengguna internet.


Demikian kesimpulan tentang sejarah perkembangan internet, diantara manfaatnya adalah Manfaat Internet Bagi Pendidikan.

Artikel lain yang berhubungan dengan sejarah internet, sejarah uang.

Demikian sejarah perkembangan internet dan manfaatnya, Semoga bisa bermanfaat. Dan cobalah untuk berkunjung kembali ke website ini, karena masih banyak artikel yang belum selesai tulis dan akan segera dipublikasikan.



Tags :
sejarah internet, sejarah perkembangan internet dan manfaatnya, sejarah internet dunia, sejarah awal perkembangan internet di dunia

 


return to top