resesi adalah

Pengertian Resesi

Posted by Ruslani on July 31st, 2022
Updated on

Resesi adalah kelesuan dalam kegiatan dagang, industri, dan sebagainya (seolah-olah terhenti); menurunnya (mundurnya, berkurangnya) kegiatan dagang (industri).

Penertian resesi diatas bersumber dari kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo pernah menerangkan, tolak ukur utama sebuah negara bisa dikatakan sedang mengalami masa resesi yakni ketika tingkat pertumbuhan ekonomi negatif untuk dua kuartal berturut-turut atau lebih.

resesi adalah

Adapula, dikutip dari laman ojk.go.id, arti resesi ekonomi atau resesi adalah suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk. Hal ini ditandai dengan adanya penurunan produk domestik bruto (PDB), meningkatnya pengangguran, serta pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Sedangkan menurut Biro Riset Ekonomi Nasional (NBER), resesi adalah penurunan yang signifikan dalam aktivitas ekonomi yang tersebar di seluruh perekonomian, berlangsung lebih dari beberapa bulan. Penurunan ini terlihat dalam PDB riil, pendapatan riil, lapangan kerja, produksi industri, dan penjualan grosir-eceran.

Kesimpulannya, resesi adalah penurunan aktivitas ekonomi yang terjadi secara signifikan dengan periode waktu yang cukup lama, dimulai dari berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.

Jika didalam suatu negara, terjadi peningkatan jumlah pengangguran, terjadi penurunan penjualan ritel dan kontraksi pendapatan pada bagian manufaktur dalam periode yang cukup lama, maka negara tersebut sedang mengalami resesi.

Related page
Motivasi kerja karyawan.

Demikianlah satu artikel tentang apa itu pengertian dari resesi, semoga bisa bermanfaat.



Tagged as :
resesi adalah, resesi, resesi menurut KBBI

© 2011 – 2024 Ruslani.com  •  Design by Ruslani.