Motivasi

Posted by Ruslani on July 10, 2012  

Motivasi adalah sesuatu yang menyebabkan kita untuk bertindak. Seperti ketika kita membutuhkan air untuk minum karena haus atau ketika ingin mendapatkan uang untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Pengertian motivasi sering dipakai sebagai cara untuk memulai suatu tindakan. Jadi, motivasi merupakan suatu proses atau langkah awal untuk memulai sebuah tindakan atau pekerjaan.

pengertian motivasi

Pengertian Motivasi

Setiap motivasi melibatkan perasaan ingin atau butuh, yang bisa mengaktifkan perilaku untuk bertindak. Pengertian motivasi bisa diartikan sebagai suatu sebab mengapa seseorang melakukan tindakan.


Contoh-contoh Motivasi

berikut ini adalah 2 contoh motivasi,
  • Seorang pelajar yang ingin mendapatkan ranking 1 di kelas nya maka ia akan sangat fokus dan tekun pada setiap pelajaran, dia akan selalu memanfaatkan setiap waktu luang untuk belajar. Ingin mendapatkan ranking 1 adalah motivasi mengapa ia selalu memanfaatkan setiap waktu luang yang ada untuk belajar.
  • Contoh lainnya adalah ketika seorang ayah ingin membahagiakan keluarganya, dia akan berusaha sekeras mungkin untuk mencukupi setiap kebutuhan istri dan anak-anaknya.

Contoh kata-kata Motivasi

Berikut ini adalah contoh kata-kata motivasi yang sederhana :
  • "Saya harus fokus belajar karena saya ingin lulus ujian dengan nilai yang maksimal".
  • "Saya ingin membahagiakan keluarga, oleh sebab itu saya harus rajin bekerja".

Faktor-faktor yang menyebabkan motivasi

Faktor penyebab motivasi bisa dikategorikan menjadi 2, adalah faktor dari dalam diri kita sendiri dan faktor dari luar.

Contoh motivasi dari dalam diri sendiri, seperti : ingin mencapai cita-cita.
Contoh motivasi dari luar, seperti : ingin membahagiakan keluarga dan orang lain.

Cara-cara Motivasi Agar Menjadi efektif

Berikut ini adalah 4 faktor pendukung agar setiap motivasi bisa efektif,
  • Memiliki tujuan yang jelas dan masuk akal, jadikanlah niat dan kata-kata sebagai langkah motivasi.
  • Memulai, memulai usaha biasanya yang paling sulit karena kita dihadapkan dengan rasa malas dari diri kita sendiri. Ingat pepatah, "sekali merangkuh dayung, dua, tiga pulau terlampai".
  • Fokus pada usaha, maksud fokus disini adalah sangat serius pada setiap usaha.
  • Ketekunan, tekun adalah upaya terus menerus yang mengarah pada tujuan. walaupun terkadang ada banyak sekali tantangan ditemui. Ketekunan biasanya akan membantu kita menemukan metode atau cara efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaan.

Bagaimana cara Mendapatkan Motivasi?

Ketika kita melihat ada begitu banyak orang yang bahagia karena telah berhasil mendapatkan tujuannya, kita mungkin bertanya pada diri sendiri tentang bagaimana mereka mendapatkannya? Semangat apa yang mendorong mereka untuk bertindak?   kata kata motivasi lah yang menggerakan mereka untuk bertindak. Apakah sekarang anda termotivasi untuk mendapatkan tujuan anda?

Berbicara motivasi adalah berbicara tentang kejiwaan atau psikologi. Yang anda perlukan untuk meraih sesuatu adalah dengan mendapatkan informasi yang benar dan efektif, dan termotivasi.


Demikian artikel tentang Pengertian motivasi ini, semoga bisa bermanfaat. Pertimbangkanlah 4 faktor pendukung motivasi yang dituliskan diatas agar motivasi yang anda miliki bisa efektif.



Tagged as :
pengertian motivasi, artikel tentang motivasi, faktor motivasi, cara mendapatkan motivasi, motivasi efektif, contoh motivasi
 
kembali ke atas